Jumat, 13 Februari 2015

Seperti Hurang dan Munding

Disuatu siang dalam ruang kelas 3 atau 4 SDN Karanganyar 2. Pak Syam mengajar mata pelajaran PAI, kali ini beliau menerangkan tentang setan. ah serem.

Pak Syam menanyai murid-muridnya "Barudak hoyong terang teu ari bentuk setan teh kos kumaha?"
"Hoyong pak!" murid-murid menjawab, sayapun ikut menjawab bersama murid-murid yang lain.

"Ari setan teh sirahna kos hurang. Awakna kos munding!" Pak Syam menerangkan. kami semua diam, mencoba memahami perkataan Pak syam. 

kemudian Pak Syam melanjutkan "Etamah perumpaan barudak. anu maksudna ari setan teh sirahna kos urang. Awakna kos kuring" tambahlah diam kita para murid sekaligus bingung. apa maksud Pak Syam ini.

"Urang setan atuh pak!" kata Dedi yang duduk paling belakang dengan polosnya. Yuli yang duduk di meja ke dua dari meja Pak Syam pun berpendapat "Piraku uing setan. Pak!"

terjadi sedikit kegaduhan diantara murid-murid yang tidak mau dianggap setan.

"Maksudna barudak. setan teh aya di jero diri urang atawa uing. nyaeta ari setan teh sabentuk sifat anu aya di jero hate urang anu sok ngagoda kanu ka gorengan. nah makana barudak sing hati-hati hate teh kudu sering eling atawa dzikir ka Gusti Alloh supaya urang teu ngagawean kagorengan"

"oh kitu nyak pak." murid-murid paham. saya juga sedikit paham.

"Agus, Kamu tahu gak. manusia itu bisa lebih baik dari malaikat dan lebih jahat dari setan" Kata Rummi, Sahabat saya yang tiba-tiba membisiki dari samping kanan.

* gambar diambil disini

0 komentar:

Posting Komentar