Senin, 27 Januari 2014

Jepret dan Permulaan [Kopdar Komunitas Fotografer Karawang]


Ketika berbicara Kamera dan Photograpy, saya mengawalinya tiga tahun yang lalu saat membeli kamera. Dengan ketertarikan yang lugu akan Photografi saya mencoba jepret sana jepret sini, selebihnya hanya gambar-gambar yang tersimpan di hardisk eksternal. Setelah itu kamera beristirahat cukup lama dalam box.

Beruntung saya diajak gabung di grup Facebook : Fotografer Karawang. Jujur tidak banyak yang saya lakukan di grup maya ini, hanya menyimak. Apa yang saya dapat? Pengetahuan dan ilmu yang belum saya ketahui tentang photograpy, dan yang paling penting adalah semangat. Semangat untuk terus menjepret. 

Tema hangat di grup  pekan kedua Januari  kemarin adalah tentang kopdar (Kopi Darat). Minggu, 26 Januari 2014 bertempat Stadion Singaperbangsa Karawang kopidarat-an itu dilaksanakan. Dan saya ikut.

Stadion Singaperbangsa dekat taman adalah titik kumpul kopdar. Setelah menunggu teman-teman yang pasti datang dalam acara kopdar, kita kemudian merapat lebih dekat ke dinding stadion lalu melingkar saling memperkenalkan diri. 

Acara dibuka oleh administrator Fotografer Karawang Apriyadi. Karena belum kenal satu sama lain (hanya kenal di grup FB dan WA), seison pertama tentu adalah perkenalan sebagai sebuah permulaan. Member yang berkesempatan bisa hadir dalam kopdar antara lain : Dkrezy Crezyantoe, Deddy NotPerfeck, Rizki Fahreza Bismania, Apriyadi Akbar II, Afif Riyandi, Hercules, Ahmad Fauzi, dan saya Robi (ada yang kelewat perasaan?) mungkin yang lain masih belum bisa semoga di kopdar selanjutnya bisa hadir, karena semakin banyak semakin seru.

Setelah seison perkenalan, selanjutnya adalah bincang-bincang santai. Satu hal yang saya amati adalah member-member itu dari latar belakang yang berbeda tapi mempunyai kesamaan yaitu semuanya sama-sama suka Photograpy, udah jelas sih ini mah.

Point-point yang dihasilkan dalam kopdar yaitu, agenda rutin kumpul setiap pekan bisa sabtu/minggu. Acaranya bincang-bincang, hunting bareng dan lain sebagainya. Titik kumpul saat pertemuan selanjutnya di KPA Karawang Jl. Bogor Karangpawitan yang kebelutan saya berkantor di KPA Karawang. Belum izin ke pimpinan sebenarnya tapi gak apa-apa, sekalian saya mensosialisasikan HIV dan AIDS kepada member-member Fotografer Karawang. semoga nanti Komunitas Fotografer Karawang bisa sewa ruko dan ruko itu bisa di jadiin studio sekaligus toko yang jual kamera dll. Kan kita di komunitas gak cuma ngumpul ajah tapi ada nilai ekonomisnya. 

Pelajaran yang saya dapat dalam kopdar kali ini adalah teknik Panning Photograpy yaitu Teknik yang  biasanya digunakan untuk memotret kendaraan yang sedang bergerak. Obyeknya bisa berupa mobil balap, atau sekedar speda motor yang sedang melaju. 

Kebetulan setelah kita bincang di stadion kemudian mampir ke KPA, ada acara free style di Karangpawitan, jadi bisa sekalian hunting foto bareng.
Setelah sharing dengan Kang Afif Riyadi akhirnya saya dapat setingan yang pas untuk di teknik Panning dan akhirnya jepret-jepret rider yang lagi free style. Awalnya gagal, akhirnya dapat juga. Terima kasih Kang Afif.



Tentunya harapan saya adalah Fotografer Karawang bisa tetap berjalan. Karena saya bisa banyak belajar dan menyalurkan kreatifitas di Photograpy.








1 komentar:

  1. Misi gan numpang lapak sp tw da yg minat bwt hobi. http://m.olx.co.id/iklan/panasonic-dmc-gf-5-IDeDKWU.html?rand=99919517&ref%5B0%5D%5Bparams%5D%5Bgclid%5D=Cj0KEQiA5oy1BRDQh6Wd572hsfkBEiQAfdTPCoJcALsTpTZLWKIoHD8WHdxFu6IVEiN38XVWIKWYOYUaAn8U8P8HAQ&ref%5B0%5D%5Baction%5D=index&ref%5B0%5D%5Bmethod%5D=index&ref%5B1%5D%5Bparams%5D%5Bref%5D%5B0%5D%5Bparams%5D%5Bgclid%5D=Cj0KEQiA5oy1BRDQh6Wd572hsfkBEiQAfdTPCoJcALsTpTZLWKIoHD8WHdxFu6IVEiN38XVWIKWYOYUaAn8U8P8HAQ&ref%5B1%5D%5Bparams%5D%5Bref%5D%5B0%5D%5Baction%5D=index&ref%5B1%5D%5Bparams%5D%5Bref%5D%5B0%5D%5Bmethod%5D=index&ref%5B1%5D%5Bparams%5D%5Bpage%5D=1&ref%5B1%5D%5Baction%5D=myaccount&ref%5B1%5D%5Bmethod%5D=index

    BalasHapus